July 26, 2013

Lowongan CPNS 2013 Kemenperin 340 Orang, Kemenkeu 3600 Orang

Tahun ini berbagai Kementerian/Lembaga membuka penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kementerian Perindustrian tahun ini bakal menarik 340 orang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Anshari Bukhori saat ditemui selepas acara Sosialisasi RUU tentang Perindustrian di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (23/7/2013).

"Tahun ini sekitar 340 ya," ungkap Anshari.

Dikatakan Anshari, sistem seleksi penerimaan CPNS lembaga pemerintahan masih menunggu dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan), juga termasuk seleksi awal. Seleksi selanjutnya akan dilakukan Kementerian Perindustrian.

"Sistemnya menunggu dari MenPAN, tadinya MenPAN mengatakan seleksi pertama dilakukan di MenPAN," jelasnya.

Anshari mengungkapkan, Kementerian Perindustrian awalnya mengajukan 1.000 orang CPNS baru di tahun ini. Namun yang disetujui oleh KemenPAN hanya 340 orang.

"Umumnya nanti sarjana ya, tapi ada sedikit yang D3," tutupnya.

Sejumlah Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi (Pemprov), dan Pemerintah Kabupaten/Kota akan membuka lowongan CPNS mulai September mendatang. (zul/dnl)

Siap-siap, Kemenkeu Butuh 9.000 PNS Baru Tahun Ini

Kementerian Keuangan membutuhkan 9.000 pegawai negeri sipil (PNS) baru, namun yang disetujui baru 3.600 PNS. Dari jumlah yang akan direkrut, terbanyak untuk Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dan Ditjen Bea Cukai.

"Kita mengajukannya sekitar 9.000 pegawai, ya 8.900-an lah ke Kementerian PAN RB. Tapi yang baru disetujui 3.600 pegawai untuk tahun ini," ujar Sekretaris Jenderal Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin kepada detikFinance, Kamis (18/7/2013).

Dikatakan Badaruddin, dari 9.000 PNS yang akan direkrut Kemenkeu, sebanyak 3.300 diambil dari lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

"Ada 3.300 dari lulusan STAN kan tahun 2012, ada ikatan dinas, jadi tinggal sisa 5.600-an untuk luar. Kita juga masih ingin menambah PNS dari luar," jelasnya.

Badaruddin menambahkan, kebanyakan CPNS akan ditempatkan di Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai. Pasalnya, hal ini terkait dengan peningkatan penerimaan negara.

"Kebutuhan pajak untuk meningkatkan penerimaan pajak untuk capai target, termasuk juga Bea Cukai. Ada juga di Ditjen Anggaran dan hampir semua unit memerlukan tambahan tapi dikit-dikit," tambahnya.

Hal ini, lanjut Badaruddin, sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki penerimaan negara, selain memperbaiki sistem IT, administrasi, dan modernisasi kantor.

"Di samping IT kita tetap bangun, administrasi, modernisasi kantor, perlu tambah SDM. Kita juga melakukan pendidikan terutama untuk pemeriksa pajak sangat diperlukan," tandasnya. (nia/dnl). sumber: Detikfinance.

Artikel Terkait Lowongan CPNS 2013 Kemenperin 340 Orang, Kemenkeu 3600 Orang